Sekilas Info

BALITBANG KOTA MEDAN GELAR SEMINAR HASIL KAJIAN IMPLEMENTASI JKN DAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI KOTA MEDAN TAHUN 2017

Kategori: Berita Diposting oleh : Administrator Dibaca : 416 kali Pada : Senin, 27 November 2017 - 10:44:54 WIB

Balitbang Kota Medan menggelar seminar hasil Kajian Implementasi JKN dan Mutu Pelayanan Puskesmas di Kota Medan Tahun 2017 yang dibuka langsung oleh Kepala Balitbang Kota Medan Drs. H. Marasutan, M.Pd di Hotel Grand Antares Medan. Seminar ini dihadiri oleh seluruh Kepala Puskesmas dan perwakilan SKPD di lingkungan Pemko Medan.

Dalam sambutannya, Kepala Balitbang mengatakan bahwa JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) adalah program pemerintah yang bertujuan memberikan kepastian kesehatan yang menyeluruh bagi seluruh rakyat Indonesia untuk dapat hidup sehat, produktif dan sejahtera. Program yang dikeluarkan sejak tanggal 1 Januari 2014 ini dan hingga sampai saat ini sudah tiga tahun perjalanannya masih menghadapi berbagai tantangan dan hambatan terkait dengan berbagai regulasi JKN sehingga dalam pelaksanaannya dapat berdampak pada penyediaan pelayanan kesehatan yang tidak berkualitas kepada peserta JKN. Untuk itulah, Kajian Implementasi JKN dan Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas di Kota Medan Tahun 2017 ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi yang dapat menghasilkan rekomendasi kepada Walikota Medan untuk dapat diimplementasikan oleh SKPD terkait di Pemerintah Kota Medan.

Diakhir sambutannya, Kepala Balitbang mengharapkan kepada seluruh peserta untuk mengikuti seminar hasil ini sampai dengan selesai sehingga dapat memberikan saran dan masukan guna untuk kesempurnaan kajian ini.

Sebelumnya, Kepala Bidang Sosial dan Kependudukan Bahrian Effendi, S.Sos.,M.Si selaku penyelenggara kegiatan dalam laporannya menjelaskan Kajian Implementasi JKN dan Mutu Pelayanan Puskesmas di Kota Medan dimulai sejak bulan Agustus 2017 sampai dengan Nopember 2017. Tujuannya ialah untuk memahami sinkronisasi pelaksanaan regulasi JKN (pusat dan daerah) dilayanan primer oleh puskesmas di Kota Medan. Selain itu untuk mengidentifikasi dan menjelaskan kecukupan ketersediaan SDM kesehatan, peran dan harapan staf puskesmas dalam pelaksanaan kebijakan  jaminan kesehatan nasional di puskesmas Kota Medan.

Dalam seminar hasil kajian implementasi ini menghadirkan narasumber/tenaga ahli dari Fakultas Kesehatan Masyarakat USU diantaranya Dr. Drs. Zulfendri, M.Kes, Dr. Juanita, SE.,M.Kes, dan dr. Elman Boy, M.Kes.


Berita Terkait

Komentar (0)
Isi Komentar
  • Name:
  • Website:
  • Messege:

  • (Masukkan 6 kode diatas)

test

Top
  • Follows us our servcies