Sekilas Info

WALI KOTA MEDAN PIMPIN SEMINAR PROPOSAL ANALISIS BISNIS COFFEE SHOP UNTUK MENDUKUNG PERKEMBANGAN EKONOMI KOTA

Kategori: Berita Diposting oleh : Administrator Dibaca : 158 kali Pada : Jumat, 20 April 2018 - 09:56:59 WIB

Wali Kota Medan, Drs. H. T Dzulmi Eldin S, M.Si diwakili Kepala Balitbang Kota Medan Drs. H. Marasutan, M.Pd memimpin seminar proposal "Analisis Bisnis Coffee Shop Untuk Mendukung Perkembangan Ekonomi Kota" di Kantor Wali Kota Medan, Kamis (19/4).

Dihadapan para peserta seminar yang hadir, Kepala Balitbang mengatakan seminar proposal ini merupakan salah satu tugas pokok dari Balitbang sebagai lembaga yang selalu memberikan sumbangan pemikiran yang akhirnya dapat dijadikan kebijakan serta program-program oleh Pemerintah Kota Medan demi mempercepat gerak serta menjaga koridor pembangunan kota yang lebih baik.

Disamping itu, Kota Medan saat ini juga terus berbenah menjadi kota metropolitan dan menjadi pusat pemerintahan, perekonomian, perdagangan, pendidikan jasa dan aktivitas lainnya, salah satunya semakin banyaknya pertumbuhan coffee shop di seluruh Kota Medan.

"Kini coffee shop bukan lagi menjadi trend musiman tetapi sudah menjadi budaya baru bagi kaum urban perkotaan sehingga bisnis ini semakin menjajikan," tambah Bapak Marasutan. Untuk itulah, diharapkan kajian yang akan dilakukan ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat, pebisnis coffee shop dan Pemerintah Kota Medan.

Paparan disampaikan oleh tenaga ahli dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU dan FISIP USU, Bapak Prof. Dr. R. Hamdani Harahap, M.Si dan sebagai pembanding dari Universitas Dharmawangsa Medan Ibu Lailan Tawila Berampu, SE.,M.Si.

Pada kesempatan diskusi, salah satu peserta yang berasal dari pengusaha kopi lokal, Bapak Adrianus Lumban Batu, pemilik Drip Koffie di Kota Medan, mengharapkan peran aktif Pemko Medan untuk membina, mengarahkan dan mendampingi para pengusaha kopi di Kota Medan, serta meningkatkan perhatiannya terhadap perkembangan bisnis Coffee Shop.

Adrianus juga mengharapkan agar Pemko Medan bisa ikut serta dalam kegiatan tahunan MICF (Medan International Coffee Festival) pada 13-15 Juli 2018 di Taman Ahmad Yani Medan dan Indonesia Coffee Festival yang diselenggarakan di Jakarta. Melalui event ini diharapkan dapat mengangkat pamor produk-produk kopi lokal Sumatera Utara, seperti kopi Lintong, kopi Sidikalang, kopi Karo dan kopi lainnya.

Untuk itu diharapkan Pemko Medan dapat memfasilitasi pengusaha dalam pengembangan bisnis Coffee Shop ini, terutama dalam pembentukan Asosiasi Pengusaha Kopi di Kota Medan, Sertfikasi Barista, maupun sosialisasi-sosialisasi  terkait dengan kopi maupun bisnis Coffee Shop.

 

Sumber : Balitbang Kota Medan


Berita Terkait

Komentar (0)
Isi Komentar
  • Name:
  • Website:
  • Messege:

  • (Masukkan 6 kode diatas)

test

Top
  • Follows us our servcies