Sekilas Info

BALITBANG KOTA MEDAN ADAKAN RAPAT JARINGAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN BIDANG KESEHATAN TAHUN 2019

Kategori: Berita Diposting oleh : Dibaca : 266 kali Pada : Jumat, 29 Maret 2019 - 11:20:01 WIB

Balitbang mengadakan rapat Jaringan Penelitian dan Pengembangan Bidang Kesehatan Kota Medan Tahun 2019 di Ruang Rapat 2 Kantor Wali Kota Medan (28/3). Rapat ini merupakan rapat pertama yang diadakan oleh Tim Kelompok Kerja (Pokja) Jaringan Penelitian dan Pengembangan Bidang Kesehatan Tahun 2019.

Rapat Tim Pokja ini dibuka oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Medan yang diwakili oleh Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Medan (Dra. Siti Mahrani Hasibuan) yang dalam arahannya bahwa rapat ini akan membahas permasalahan-permasalahan di bidang kesehatan yang nantinya akan diteliti oleh Tim Pokja di tahun 2019.

Ketua Pokja Jaringan Penelitian dan Pengembangan Bidang Kesehatan (Dr. Drs. Zulfendri, M.Kes) menjelaskan bahwa banyak sekali permasalahan kesehatan yang masih perlu diperbaiki karena kesehatan itu merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komponen pendukung guna tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Dari hasil rapat, ada beberapa masukan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkaitan dengan masalah kesehatan yang menurut masing-masing OPD merupakan skala prioritas untu bisa dilakukan kajian/penelitian oleh tim Pokja Jaringan Penelitian dan Pengembangan Bidang Kesehatan yang diantaranya :
(1) Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Medan : Melihat sejauh mana upaya promotif membentuk kesadaran remaja, ibu muda dan orang tua untuk membatasai jumlah kelahiran. Pengetahuan remaja putri dan ibu muda tentang kontrasepsi, pentingnya penjarangan kehamilan. Perlu juga di gali secara mendalam untuk lintas sektoral seperti Departemen agama, dan dinas pendidikan. (2) Dinas Kesehatan Kota Medan : Tren Penyakit Tidak Menular terus meningkat sehingga menggerus dana di BPJS dan meningkatnya Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) sehingga perlu dilakukan kajian/ Penjaringan ODGJ dengan melihat stigma masyarakat terhadap ODGJ. (3) RSUD dr. Pirngadi Medan : Jumlah kunjungan yang turun secara massif, dengan BOR 30%, kunjungan rawat jalan 250 orang/hari. (4) Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Medan : Perlu adanya inovasi di bidang kesehatan agar masyarakat dapat lebih muda mendapat pelayanan kesehatan.


Berita Terkait

Komentar (0)
Isi Komentar
  • Name:
  • Website:
  • Messege:

  • (Masukkan 6 kode diatas)


Top
  • Follows us our servcies