Sekilas Info

Tahun Ini, Balitbang Medan Siapkan 20 Program Penelitian

Kategori: Berita Diposting oleh : Administrator Dibaca : 1924 kali Pada : Rabu, 14 Agustus 2013 - 18:36:05 WIB

Medan, (beritasumut.com) – Setelah menghasilkan 12 kajian selama Tahun 2012, maka tahun ini, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Pemko Medan, telah menyiapkan 20 program penelitian untuk peningkatan kinerja  dengan melakukan berbagai kajian untuk mendukung kemajuan Kota Medan.

Kepala Balitbang Pemko Medan Hasan Basri mengungkapkan kehadiran Balitbang berperan dalam melakukan kajian, survei dan penelitian. "Dan tentunya kajian itu meliputi berbagai aspek berupa bidang pemerintahan, pembangunan, hukum, politik, ekonomi, sosial dan budaya. Hasinya dapat menjadi pertimbangan strategis bagi Pemko Medan dalam menyusun kebijakan," kata Hasan di Medan, Sumatera Utara, Selasa (12/02/2013).

Menurutnya, 20 kajian tersebut menyangkut beberapa hal dan diantaranya ialah, program penataan hidup sosial masyarakat yang terdiri atas lima kajian yakni, kajian penanaman model karakter pada pendidikan dasar 12 tahun, kajian fasilitas dan pelayanan kesehatan, identifikasi tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Jamkesmas, identifikasi makanan jajanan pada anak sekolah dan kajian keserasian sosial budaya antar golongan di Medan.

Sementara, untuk kajian yang menyangkut dengan program pelayanan kedinasan kepala daerah dan wakil kepala daerah seperti  upaya untuk meraih Piala Adipura Kencana, menjadikan Medan kota bunga dan taman, pola pemanfaatan lahan pekarangan untuk pengembangan produk pangan lokal, model pengelolaan sampah dan sumber daya manusia kebersihan, serta kajian penerapan pengarusutamaan gender Kota Medan.

"Untuk mendukung program peningkatan dan pengembangan keuangan daerah, kita kita juga akan melakukan sejumlah kajian, yaitu, potensi retribusi izin pengelolaan dan pemanfaatan limbah, identifikasi sektor industri unggulan, dan kajian pusat galeri dan suvenir," paparnya.

Kemudian, untuk mendukung bidang hukum, lima kajian akan dilakukan oleh pihaknya seperti penguatan sistem inovasi daerah, manfaat pencatatan kelahiran bagi masyarakat, mutu keamanan pangan segar di pasar tradisional, serta peranan dan kedudukan PD Rumah Potong Hewan dalam penyediaan daging halal untuk konsumen pasar tradisional.

Menurutnya, selain melakukan kajian, pihaknya juga melakukan cerama ilmiah penelitian kepada para Satuan Kerja Perangkat Daerah dan masyarakat. Tujuannya agar hasil yang didapat dari hasil kajian bisa diketahui secara bersama.

"Penyelenggaraan forum diskusi juga menjadi salah satu cara Balitbang Pemko Medan dalam menjemput berbagai  ide dan masukan  dari publik mengenai isu-isu aktual yang terjadi saat ini. Dengan demikian, kajian yang dibuat dan dilakukan atas dasar kebutuhan masyarakat dan Pemko Medan. Untuk menguatkan proses kajian, kita juga menggandeng enam perguruan tinggi  di Medan. Kerjasama ini diharapkan dapat membuat kajian penelitian yang dilakukan  benar-benar berkualitas. Dengan melibatkan para akademisi, kami berharap Balitbang kedepan menjadi pusat kajian yang berkualitas dan acuan bagi penelitian-penelitian, baik para akdemisi serta masyarakat lebih luas," paparnya. (BS-024)


Berita Terkait

Komentar (0)
Isi Komentar
  • Name:
  • Website:
  • Messege:

  • (Masukkan 6 kode diatas)

test

Top
  • Follows us our servcies