Sekilas Info

Balitbang Bakal Beri Penghargaan Karya Iptek

Kategori: Berita Diposting oleh : Administrator Dibaca : 3710 kali Pada : Rabu, 14 Agustus 2013 - 18:37:41 WIB

Medan, (Analisa). Karya inovasi di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) yang dilahirkan dari warga kota Medan sebenarnya cukup banyak. Hanya saja selama ini masih kurang terpublikasi. Untuk itulah Badan Latihan dan

 

Pengembangan (Balitbang) kota Medan akan memberikan penghargaan penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) kota Medan. Diharapkan, penghargaan ini dapat semakin memotivasi lahirnya karya-karya inovasi Iptek yang semakin beragam.

 

“Kita memang akan memberikan reward (penghargaan) terhadap karya inovasi. Ini kita lakukan karena inovasi itu kan perlu untuk dihargai,” kata Kepala Balitbang kota Medan, Hasan Basri kepada warwatan di kantornya, Jumat (31/5).

 

Dijelaskan Hasan, Program SIDa ini merupakan program pemberian penghargaan dan hadiah kepada masyarakat  yang telah menemukan, menciptakan dan menerapkan suatu karya Iptek terapan dalam berbagai bidang, seperti teknologi pangan, teknologi energy, teknlogoi transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, teknologi pertahanan dan keamanan, teknologi kesehatan dan obat serta teknologi material maju.

 

Untuk kriteria peserta  kata Hasan yakni warga Negara Indonesia dan ajang ini bisa diikuti baik secara berkelompok ataupun perorangan.

 

Kriteria hasil karya yang dapat diunggulkan nantinya meliputi, harus merupakan hasil kreativitas dan inovasi perorangan atau kelompok yang telah diterapkan di daerah lokasi calon penerima anugera maupun daerah lainnya.

 

Selain itu, karya harus mudah dideseminasikan dan diadopsi oleh masyarakat, teknologi dapat diaplikasikan dalam skala rumah tangga, bahan baku yang digunakan berbasis local, ramah lingkungan, skala investasi dan manajemen terjangkau oleh masyarakat dan mempunyai manfaat yang berkelanjutan.

 

“Cukup banyak sebenarnya karya inovasi Iptek yang ada, makanya kita memberikan penghargaan, intinya penerima penghargaan ini harus menghasilkan karya yang mudah diadopsi masyarakat, dan biayanya juga murah,” terang Hasan.

 

Wajib kirimkan

 

Bagi calon penerima pengharggan yang akan mengikuti ajang ini diwajibkan untuk mengirimkan daftar riwayat hidup, alasan pencalonan,kelangkapan dan data hasil kreativitas dan inovasi, alamat lengkap dan nomor kontak, pengusulan dilengkapi dengan bukti-bukti keterujian manfaat hasil kreativitas inovasi.

 

“Usulan calon penerima penghargaan dapat ditujukan ke kantor Litbang kota Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis No 2 paling lambat tanggal 14 Juni 2013,” kata Hasan sembari memaparkan nomor kontak panitia Jostri Panjaitan 081370086869.

 

Pemberian penghargaan sendiri akan diberikan bulan Juli 2013 dan pemenang kata Hasan akan diikut sertakan pada pemberian anugerah IPTEK Kreativitas-inovasi Masyarakat (Labdhakretya) oleh Kementerian Riset dan Teknologi di Jakarta, bulan Agustus mendatang.

 

Hasan menambahkan, banyak karya inovasi yang lahir di Kota Medan khususnya oleh para siswa. Untuk itu, dia minta sekolah juga mendaftar siswa-siswanya yang telah menukan karya inovasi.  (maf)


Berita Terkait

Komentar (0)
Isi Komentar
  • Name:
  • Website:
  • Messege:

  • (Masukkan 6 kode diatas)

test

Top
  • Follows us our servcies