Berita

PEMKO MEDAN BERIKAN PENGHARGAAN KEPADA OPD YANG BERINOVASI
Kamis, 24 November 2022, 10:37:12 WIB
Kategori: Berita
51 Kali Di Lihat

Share :    




Melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Medan, Pemko Medan memberikan penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menyampaikan inovasinya dalam Innovative Governmet Award (IGA) di Hotel Grand Antares Indonesia Medan. Dalam sambutanya, Wali Kota Medan yang diwakili Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Medan menyampaikan bahwa “pelaksanaan inovasi dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah.”

“Praktik inovasi perlu didorong dan disebarluaskan atau dipublikasikan untuk memacu kreativitas pemerintah daerah untuk terus berinovasi dan bagi pemerintah daerah yang dinilai berhasil menerapkan inovasi dan berdampak signifikan bagi kemajuan daerah perlu diberikan penghargaan/award sebagai bentuk motivasi dan pengakuan terhadap pelaksanaan inovasi daerah,” tambahnya.

Kepala Balitbang juga menyampaikan bahwa indeks capaian inovasi Kota Medan juga mengalami peningkatan dimana pada tahun 2021 Kota Medan memiliki capaian indeks inovasi dengan hasil skor 27,98 dengan kategori “Kurang Inovatif” menjadi 44,04 dengan kategori “Inovatif” pada tahun 2022.

Sebelumnya, Plt. Kepala Bidang Pemerintahan, Pengkajian Peraturan dan Inovasi & Teknologi Balitbang Kota Medan (Muhammad Taufik Rangkuti, S.Pd) menyampaikan bahwa tujuan pemberian penghargaan ini adalah untuk : (1) memotivasi perangkat daerah untuk meningkatkan inovasi dalam pelayanan masyarakat; (2) mendorong penerapan good governance ; dan (3) meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap proses-proses inovasi yang dilaksanakan OPD.

Muhammad Taufik Rangkuti juga menambahkan ada 6 (enam) OPD yang akan diberikan penghargaan dengan inovasi yang telah dibuatnya diantaranya adalah:

  1. Sekretariat DPRD Kota Medan dengan inovasinya SMART-WAN (Sistem Informasi Manajemen Perkantoran Terpadu dan Media Dewan);
  2. Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan dengan inovasinya SIMPANG (Sistem Informasi dan Manajemen Pangan)
  3. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan dengan inovasinya aplikasi E-LAMPID (Elektronik Lahir, Mati, Pindah dan Datang)
  4. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan inovasinya JEMPOL DAN KELINGKING (Jemput Bola dengan Mobil Keliling);
  5. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Medan dengan inovasinya E-MUSRENBANG (Musawarah Perencanaan Pembangunan); dan
  6. Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan dengan inovasinya SAFETY SIDE WALK, PENATAAN JARINGAN UTILITAS, dan U-DITCH.

Di akhir acara, narasumber yang terdiri dari Staf Ahli Wali Kota Medan Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik (Muslim Harahap, S.Sos., MSP) dan akademisi (Ir. Bhakti Alamsyah, MT., Ph.D) sangat mengapresiasi terhadap kegiatan ini dimana kegiatan ini akan menjadi motivasi bagi OPD untuk terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan yakin bahwa Kota Medan di tahun yang akan datang dapat mencapai kategori “Sangat Inovatif.”

 

Sumber : Balitbang Kota Medan